Improve Your Data Analyst By Developing Your Excel And Tableau Skills

Workshop and Training merupakan kegiatan yang diadakan oleh Departemen Advokasi BEM Prodi Fisika periode 2022 – 2023. Kegiatan ini berupa pelatihan mengenai tema yang sudah ditentukan oleh panitia atau penyelenggara kegiatan. Untuk tahun ini, kami mengusung tema “Improve Your Data Analyst by Developing Your Excel and Tableau Skills” yang memiliki arti yaitu: Tingkatkan Kemampuan Data Analismu dengan Mengembangkan Kemampuan dalam Menggunakan Excel dan Tableau. Selain itu, kegiatan ini memuat informasi, materi, serta simulasi mengenai kegunaan Excel dan Tableau dalam pengolahan data yang lebih mendetail, yang tentunya akan memberikan pengalaman menarik serta ilmu yang bermanfaat kepada mahasiswa.

Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. Microsoft Excel digunakan di berbagai bidang pekerjaan, baik usaha kecil maupun perusahaan berskala internasional. Oleh karena itu, pemahaman mahasiswa mengenai penggunaan Microsoft Excel ini sangatlah penting, terutama untuk membantu mahasiswa dalam melakukan pengolahan data dengan mudah.

Tableau adalah suatu software yang mampu mempermudah pembuatan analisis visual interaktif yang disajikan dalam bentuk dashboard. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk memvisualisasikan dan menyederhanakan pola analisis BI atau business intelligence. Aplikasi ini mampu menyediakan scorecards, dashboards, memproses analitik online, ad hoc analysis and queries, pencarian BI, penemuan data, integrasi dengan spreadsheet¸ dan masih banyak lagi.

Adapun tujuan utama diadakannya kegiatan ini ialah melatih dan membimbing mahasiswa dalam mengolah data menggunakan Microsoft Excel dan Tableau, membantu mahasiswa untuk memaksimalkan penggunaan Microsoft Excel dan Tableau, memberikan tipsdan trik kepada mahasiswa terkait penggunaan fungsi dan fitur yang terdapat dalam aplikasi Microsoft Excel dan Tableau.

Target peserta dalam kegiatan ini ialah mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta. Dalam kegiatan Workshop and Training ini, akan diadakan dua tahap kegiatan. Berikut adalah dua tahapan kegiatan pada Workshop and Training:

  • Tahap 1: Pemaparan materi oleh pemateri.
  • Tahap 2: Simulasi oleh pemateri.

Setelah memerhatikan simulasi yang dilakukan oleh pemateri, mahasiswa akan diberikan kumpulan data yang harus mereka olah dengan cara atau langkah–langkah yang telah dijelaskan ketika tahap 1 maupun tahap 2. Dan demi meningkatkan antusiasme mahasiswa, akan dipilih beberapa mahasiswa yang dapat mengolah data dengan baik dan tepat, untuk kemudian diberikan apresiasi berupa hadiah dari panitia kegiatan. Hasil penentuan pengolahan data terbaik ini akan diumumkan pada keesokan harinya, yaitu tanggal 1 Agustus 2022. Kemudian, pada akhir kegiatan nanti, tepatnya setelah simulasi pengolahan data dilakukan, akan ada sesi tanya jawab bersama pemateri.

Output yang diharapkan seusai mengikuti kegiatan ini ialah pengolahan data menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan Tableau dengan menerapkan langkah–langkah serta penjelasan dari pemateri. Selain itu, kegiatan Workshop and Training ini akan dipandu oleh Bapak Muhamad Faiz. Beliau juga yang akan memberikan materi serta melakukan simulasi secara daring ketika kegiatan berlangsung.

Kegiatan Workshop and Training dengan tema “Improve Your Data Analyst by Developing Your Excel and Tableau Skills” akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal : Sabtu, 31 Juli 2022

Waktu : 10.00 – 12.00 WIB

Tempat : Zoom Cloud Meetings

Archive

Translate